'/> Makalah Sejarah Aturan Indonesia

Info Populer 2022

Makalah Sejarah Aturan Indonesia

Makalah Sejarah Aturan Indonesia
Makalah Sejarah Aturan Indonesia
2.1. SEJARAH
Sejarah sanggup diartikan sebagai insiden dan insiden yang benar-benar terjadi pada masa lampau atau asal-usul (keturunan) silsilah, terutama bagi raja-raja yang memerintah. Ilmu sejarah ialah ilmu yang dipakai untuk mempelajari insiden penting masa kemudian manusia.

2.2. HUKUM
Hukum ialah system yang terpenting dalam terlaksanakan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi, dan masyarakat dalam banyak sekali cara dan bertindak, sebagai mediator utama dalam relasi social antar masyarakat terhadap kriminalisasi dalam aturan pidana, aturan pidana yang berupayakan cara Negara sanggup menuntut pelaku dalam konstitusi aturan menyediakan kerangka kerja bagi penciptaan hukum, kontribusi hak asasi insan dan memperluas kekuasaan politik serta cara perwakilan dimana mereka akan dipilih. Administrative aturan dipakai untuk meninjau kembali pkeputusan dari pemerintah, sementara aturan internasionql mengatur masalah antara berdaulat Negara dalam kegiatan mulai dari perdagangan lingkungan peraturan/tindakan militer

2.3. SEJARAH HUKUM  INDONESIA
Sumbangan Von Savigny sebagai “Bapak Sejarah Hukum” telah menghasilkan aliran historis (sejarah). Cabang ilmu ini ludang kecepeh muda usianya dibandingkan dengan sosiologi hukum. Apa yang semenjak usang disebut sejarah hukum, sebetulnya tak lain daripada pertelaahan sejumlah peristiwa-peristiwa yuridisi dari zaman berlalu dan silam yang disusun secara kronologis, jadi ialah kronik aturan berlalu dan silam. Sejarah aturan yang demikian itupun disebut “antiquiteiter”, suatu nama yang cocok benar. Sejarah ialah suatu proses, jadi bukan suatu yang berhenti melaiknkan suatu yang bergerak; bukan mati. Melainkan hidup. Hukum sebagai tanda-tanda sejarah berarti tunduk pada pertumbuhan yang terus menerus. Pengertian tumbuh menciptakan 2 arti yaitu, perubahan dan stabilitas. Hukum tumbuh, berarti bahwa ada terdapat relasi yang erat, sambung-menyambung atau relasi yang tak terputus-putus antara aturan pada masa kini dan aturan pada masa lampau. Hukum pada masa kini dan aturan pada masa lampau merupakan suatu kesatuan. Itu berarti, bahwa kita sanggup mengerti aturan kita pada masa kini, hanya dengan penyelidikan sejarah., bahwa mempelajari aturan secara ilmu pengetahuan harus bersifat juga mempelajari sejarah.


Misal saja penelitian yang dilakukan oleh Mohd. Koesno wacana aturan budbahasa sesudah Perang Dunia II melalui beberapa pentahapan (periodisasi). Secara kronologi perkembangan tersebut dibaginya dalam beberapa tahap, yaitu:

  1. Masa 1945-1950
  2. Masa UUDS 1950
  3. Masa 1959-1966
  4. Masa 1966-sekarang


Penetapan tersebut disertai analisis yang mendalam wacana kedudukan dan peranan aturan budbahasa pada masa-masa tersebut.
Mempelajari sejarah aturan memang memberi manfaat, demikian yang dikatakan oleh Macauly bahwa dengan mempelajari sejarah, sama faedahnya dengan menciptakan perjalanan ke negeri-negeri yang jauh.

2.4 PERANAN DAN FUNGSI SEJARAH HUKUM.
          Sebagai mana lazimnya moral yang terdapat pada pelajaran sejarah, maka study mengenai sejarah aturan ini akan mehasilkan laba – laba yang sama menyerupai orang mempelajari sejarah umum. Salah satu dari laba tersebut adalah, bahwa pengetahuan kita mengenai system atau forum atau pengaturan aturan tertentu menjadi ludang kecepeh mendalam dan diperkaya. Kekeliruan – kekeliruan baik dalam pemahaman, maupun penerapan suatu forum atau ketentuan aturan tertentu, dibutuhkan sanggup dicegah dengan cara mendapat laba tersebut diatas.
         
          Seperti telah dijelaskan diawal bahwa sejarah aturan merupakan salah satu bidang study aturan yang mempelajari perkembangan dan asal undangan system hukum, mengungkap fakta dan membandingkan antara aturan yang lampau dengan aturan kini ataupun yang akan dating. Dalam peranannya sejarah aturan juga berusaha mengenali dan memahami secara sistematis proses – proses terbentuknya hukum, factor – factor yang menjadikan dan sebagainya dan memmemberikankan perhiasan pengetahuan yang berharga untuk memahami fenomena aturan dalam masyarakat.

         
Di samping itu sejarah aturan juga mempunyai kegunaan:
  1. Sejarah aturan sanggup memmemberikankan pandangan yang luas bagi kalangan hukum. Hukum tak akan mungkin bangkit sendiri, lantaran senantiasa dipengaruhi oleh aspek – aspek kehidupan lain, dan juga mempengaruhinya. Hukum merupakan hasil perkembangan dari salah satu aspek kehidupan manusia. Hukum masa kini merupakan hasil perkembangan dari aturan masa lampau dan aturan masa kini merupakan dasar bagi aturan masa yang akan dating. Sejarah aturan akan saling metidak ada yang kurangi pengetahuan dikalangan hukum.

  1. Hukum sebagai kadidah merupakan patokan perikelakuan atau perilaku tindak yang sepantasnya. Patokan tersebut memmemberikankan pedoman, bagaimana seharusnya insan berkelakuan atau bersikap tindak, merupakan hasil dari perkembangan pengalaman insan semnjak berlalu dan silam kala. Kaidah-kaidah aturan tersebut tahap demi tahap mengalami perombakan, peubahan, penyesuaian, pengembangan dan seterusnya. Sejarah aturan akan sanggup mengungkapan apa sebabnya kaidah-kaidah pada masa kini mempunyai sifat dan isi tertentu. Tanpa sejarah aturan tak akan sanggup dimengerti mengapa pasal 293 dan 534 kitab undang-undang hukum pidana contohnya berbunyi demikian, sehingga oleh sementara kalangan dianggap bertentangan dengan kegiatan keluarga berencana.
  2.  Sejarah aturan juga mempunyai kegunaan dalam praktik hukum. Sejarah aturan sangat penting untuk mengadakan penaksiran secara historical terhadap peraturan – peraturan tertentu.
  3. Dalam bidang pendidikan hukum, sejarah aturan akan sangat membantu mahasiswa untuk ludang kecepeh memahami aturan yang dipelajarinya. Untuk penelitian aturan sejarah aturan juga mempunyai kegunaan terutama untuk mengungkap kebenaran dengan kaitannya dengan masa lampau dan masa kini.
  4. Sejarah aturan sanggup mengungkapkan fungsi dan dampak dan imbastifitas forum – forum aturan tertentu. Artinya pada situasi – situasi semacam apakah suatu forum
hukum benar – benar sanggup berfungsi atau malahan tidak berfungsi sama sekali. Ini sangan penting, terutama bagi pembentuk dan penegak hukum. Akhirnya sejarah aturan memmemberikankan kemampuan, untuk sanggup mepenilaian keadaan – keadaan yang sedang dan memecahkan masalah – masalahnya.


Advertisement

Iklan Sidebar