'/> Pengertian Mortalitas

Info Populer 2022

Pengertian Mortalitas

Pengertian Mortalitas
Pengertian Mortalitas
Mortalitas adalah jumlah individu dalam populasi yang mati selama masa waktu tertentu. Dalam studi populasi biologiwan ludang kecepeh tertarik pada mengapa organisme mati pada usia tertentu. Mortalitas atau kebalikannya survival, bisa dilihat dari banyak sekali aspek. Sebgaian besar organisme yang hidup di alam jarang pada kondisi optimum, sebagian besar hewan dan makhluk hidup atau tumbuhan mati alasannya yaitu penyakit, predator, atau bahaya alamiah lain. Laju janjkematian populasi yaitu jumlah individu dari suatu populasi yang mati dalam masa waktu tertentu (jumlah yang mati per satuan waktu). Laju janjkematian populasi penilaiannya negatif, alasannya yaitu merupakan kebalikan dari angka kelahiran. Nisbah antara angka kelahiran dan janjkematian disebut vital indeks yang dirumuskan dalam bentuk persentase (%)

Ada 3 pengertian menyangkut mortalitas, sbb:
  1. Mortalitas Ekologi (Ecological of realized mortality), janjkematian yang terjadi kareba keadaan lingkungan tertentu akhir adanya faktor ekologi tertentu.
  2. Mortalitas Minimum Teoritis, janjkematian yang terjadi hanya alasannya yaitu faktor ketuaan dan bukan alasannya yaitu limiting factor.
  3. Mortalitas Khusus (Specific Mortality), prosentase (tingkat) janjkematian dari populasi tiruanla untuk setiap priode waktu tertentu.

Advertisement

Iklan Sidebar