'/> Sifat-Sifat Populasi

Info Populer 2022

Sifat-Sifat Populasi

Sifat-Sifat Populasi
Sifat-Sifat Populasi
Populasi mempunyai sifat yang sanggup diukur antara lain: Kepadatan, natalitas, mortalitas, distribusi umur, potensi biotik, penyebaran dan bentuk pertumbuhan.

1.  Kepadatan populasi dan indeks jumlah relatif 

Kepadatan populasi ialah besarnya populasi dalam hubungannya dengan suatu unit atau satuan ruangan. Perlu diingat bahwa perhitungan jumlah terlalu mementingkan arti organisme kecil, sedangkan biomassa terlalu membesarkan arti organisme besar, sedangkan komponen arus energi memdiberikan indeks yang ludang keringh baik untuk membandingkan populasi mana saja dalam ekosistem.

2. Konsep Dasar Laju (Vates) 

Konsep “Rate“ (tingkat perubahan), dimaksudkan sebagai ukuran u/perubahan populasi, yaitu: hasil bagi antara besaran perubahan populasi dengan periode waktu selama perubahan itu terjadi.

3. Natalitas (angka kelahiran)

Salah satu faktor utama yang menjadikan peningkatan kepadatan populasi ialah natalitas, yaitu produksi individu-individu gres di dalam populasi melalui kelahiran, haching, germinasi atau pembelahan. Fekunditas: kondisi fisiologis yang mengacu pada kapasitas reproduksi organism. Fertilitas : konsep ekologi yang didasarkan pada kemampuan organisme menghasilkan anak pada periode tertentu.

4.  Mortalitas
Mortalitas ialah jumlah individu dalam populasi yang mati selama periode waktu tertentu.

5. Penyebaran umur populasi

Individu di dalam populasi meliputi banyak sekali tingkat umur yaitu prereproduktif, reproduktif dan postreproduktif. Proporsi individu dalam setiap kelompok umur disebut distribusi umur. Keadaan distribusi umur besar lengan berkuasa terhadap tingkat ajal dan kelahiran. Rasio dari kelompok-kelompok umur dari populasi memilih status reproduktif yang sedang berlangsung dari populasi tersebut, sehingga memilih pertumbuhan populasi untuk waktu diberikutnya. Dari distribusi umur sanggup diramalkan tingkat kelahiran dan ajal sehingga sanggup diperkirakan keadaan populasi masa yang akan datang, alasannya ialah distribusi umur sangat besar pengaruhnya perhadap pertumbuhan populasi dan dinamika populasi. (a) Populasi yang berkembang dengan cepat, sebagian besar individu muda, (b) Populasi stasioner mempunyai pembagian kelas umur ludang keringh merata, (c) Populasi menurun, sebagian besar individunya berusia tua.


Advertisement

Iklan Sidebar