'/> Macam-Macam Metode Pembelajaran Keludang Keringhan Dan Kekurangannya Beserta Sumber (11-15)

Info Populer 2022

Macam-Macam Metode Pembelajaran Keludang Keringhan Dan Kekurangannya Beserta Sumber (11-15)

Macam-Macam Metode Pembelajaran Keludang Keringhan Dan Kekurangannya Beserta Sumber (11-15)
Macam-Macam Metode Pembelajaran Keludang Keringhan Dan Kekurangannya Beserta Sumber (11-15)
11. JIGSAW (MODEL TIM AHLI)
Langkah-langkah :
1. Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim
2. Tiap orang dalam tim didiberi kepingan bahan yang berbeda
3. Tiap orang dalam tim didiberi kepingan bahan yang ditugaskan
4. Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub kepingan yang sama bertemu dalam kelompok gres (kelompok pakar) untuk mendiskusikan sub kepingan mereka
5. Setelah selesai diskusi sebagai tim pakar tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka wacana sub kepingan yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
6. Tiap tim pakar mempresentasikan hasil diskusi
7. Guru memdiberi penilaian
8. Penutup
ARONSON, BLANEY, STEPHEN, SIKES, AND SNAPP, 1978

12. ARTIKULASI
Langkah-langkah :
1. Guru memberikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru menyajikan bahan sebagaimana biasa
3. Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
4. Menugaskan salah satu siswa dari pasangan itu menceritakan bahan yang gres diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil menciptakan catatan-catatan kecil, lalu berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya
5. Menugaskan siswa secara bergiliran/diacak memberikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah memberikan hasil wawancaranya
6. Guru mengulangi/menjelaskan kembali bahan yang sekiranya belum dipahami siswa.
7. Kesimpulan/penutup.

13. MIND MAPPING
Sangat baik dipakai untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawabanan
Langkah-langkah :
1. Guru memberikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa dan sebaiknya permasalahan yang memiliki alternatif jawabanan
3. Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
4. Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawabanan hasil diskusi
5. Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
6. Dari data-data di papan siswa diminta menciptakan kesimpulan atau guru memdiberi perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru.

14. MAKE - A MATCH (MENCARI PASANGAN)
Langkah-langkah :
1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang diberisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu kepingan kartu soal dan kepingan lainnya kartu jawabanan
2. Setiap siswa menerima satu buah kartu
3. Tiap siswa memikirkan jawabanan/soal dari kartu yang dipegang
4. Setiap siswa mencari pasangan yang memiliki kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawabanan)
5. Setiap siswa yang sanggup mencocokkan kartunya sebelum batas waktu didiberi poin
6. Setelah satu babak kartu dikocok lagi biar tiap siswa menerima kartu yang berbeda dari sebelumnya
7. Demikian seterusnya
8. Kesimpulan/penutup

15. THINK PAIR AND SHARE
Langkah-langkah :
1. Guru memberikan inti bahan dan kompetensi yang ingin dicapai
2. Siswa diminta untuk berfikir wacana materi/permasalahan yang disampaikan guru
3. Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pedoman masing-masing
4. Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
5. Berawal dari acara tersebut, Guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah bahan yang belum diungkapkan para siswa
6. Guru memdiberi kesimpulan
7. Penutup

(FRANK LYMAN, 1985)
Advertisement

Iklan Sidebar