'/> Macam-Macam Metode Pembelajaran Keludang Kecepehan Dan Kekurangannya Beserta Sumber (16-20)

Info Populer 2022

Macam-Macam Metode Pembelajaran Keludang Kecepehan Dan Kekurangannya Beserta Sumber (16-20)

Macam-Macam Metode Pembelajaran Keludang Kecepehan Dan Kekurangannya Beserta Sumber (16-20)
Macam-Macam Metode Pembelajaran Keludang Kecepehan Dan Kekurangannya Beserta Sumber (16-20)
16. BERTUKAR PASANGAN
Langkah-langkah :
1. Setiap siswa menerima satu pasangan (guru bisa menunjuk pasangannya atau siswa menentukan sendiri pasangannya).
2. Guru memmemberikankan kiprah dan siswa mengerjakan kiprah dengan pasangannya.
3. Setelah tamat setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain.
4. Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan, kemudian pasangan yang gres ini saling menanyakan dan mencari kepastian tpendapatan mereka.
5. Temuan gres yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan tiruanla.

17. SNOWBALL THROWING
Langkah-langkah :
1. Guru memberikan bahan yang akan disajikan
2. Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memmemberikankan klarifikasi wacana materi
3. Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan bahan yang disampaikan oleh guru kepada temannya
4. Kemudian masing-masing siswa dimemberikankan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut bahan yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
5. Kemudian kertas yang memberikansi pertanyaan tersebut dibentuk menyerupai bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit
6. Setelah siswa sanggup satu bola/satu pertanyaan dimemberikankan kesempatan kepada siswa untuk mentpendapat pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
7. Evaluasi
8. Penutup.

18. TEBAK  KATA
Media :
Buat kartu ukuran 10X10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada tpendapatan (istilah) pada kartu yang ingin ditebak.
Buat kartu ukuran 5X2 cm untuk menulis kata-kata atau istilah yang mau ditebak (kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi ataudiselipkan di telinga.
Langkah-langkah :
1. Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai atau bahan ± 45 menit.
2. Guru menyuruh siswa bangun berpasangan di depan kelas
3. Seorang siswa dimemberikan kartu yang berukuran 10×10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa yang lainnya dimemberikan kartu yang berukuran 5×2 cm yang isinya dihentikan dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga.
4. Sementara siswa membawa kartu 10×10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10×10 cm. tpendapatan sempurna bila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau telinga.
5. Apabila tpendapatannya sempurna (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum sempurna pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan pribadi memmemberikan tpendapatannya.
6. Dan seterusnya

19. METODE KARYA WISATA
adalah metode pembelajaran dengan cara mengunjungi suatu objek tertentu, misal museum, pabrik , dsb
      Keunggulan
a.                   mengamati kenyataan beraneka ragam dari dekat
b.                  menghayati pengalaman gres dengan turut dalam kegiatan
c.                   mentpendapat dilema dengan melihat, mendengarkan dan membuktikan
d.                  memperoleh informasi dengan wawancara
e.                   mempelajari sesuatu dengan integral dan komprehensif
      Kelemahan
a.                   memerlukan persiapan yang melibatkan banyak pihak
b.                  memerlukan pengawasanyang ludang kecepeh dekat
c.                   tidak selalu murah


20. COURSE REVIEW HORAY
Langkah-langkah :
1. Guru memberikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3. Memmemberikankan kesempatan siswa tanya tpendapat
4. Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh menciptakan kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing siswa
5. Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis tpendapatan di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan pribadi didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (Ö) dan salan diisi tanda silang (x)
6. Siswa yang sudah menerima tanda Ö vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya
7. Nilai siswa dihitung dari tpendapatan benar jumlah horay yang diperoleh
8. Penutup
Advertisement

Iklan Sidebar