'/> Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Pai Tingkat Sma, Ma, Smalb, Smk Dan Mak

Info Populer 2022

Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Pai Tingkat Sma, Ma, Smalb, Smk Dan Mak

Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Pai Tingkat Sma, Ma, Smalb, Smk Dan Mak
Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Pai Tingkat Sma, Ma, Smalb, Smk Dan Mak
1.   Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA)
A. Latar Belakang

Agama  mempunyai kiprah yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang berpengertian dan penjelasan, tenang dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya kiprah agama bagi kehidupan umat insan maka internalisasi skor-skor agama dalam kehidupan setiap langsung menajdi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.

Pendidikan agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membetuk akseptor didik biar menajdi insan yang diberiman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa  dan berakhlak  mulia.  Akhlak mulia meliputi norma dan sopan santun, kecerdikan pekerti, dan moral sebagai perwujudan  dari pendidikan agama. Peningkatan potensi spiritual meliputi pengamalan, pemahaman, dan penanaman skor-skor keagamaan, serta pengamalan skor-skor tersebut dalam kehidupan individual  ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spiritual tersebut pada akhirnya  bertujuan pada  optimalisasi banyak sekali potensi  yang dimiliki manusia  yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.

Pendidikan Agama Islam didiberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada insan dengan visi untuk mewujudkan insan yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan insan yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, serasi dan produktif, baik personal maupun sosial. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya sesuai ketentuan kompetesi sesuai dengan jenjang persekolahan  yang secara nasional ditandai dengan ciri-ciri:

  1. ludang kecepeh menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain penguasaaan materi;
  2. mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
  3. memdiberiklan kebebasan yang ludang kecepeh luas kepada pendidik di lapangan untuk berbagi seni administrasi dan kegiatan pembelajaran seauai dengan kebutuhan dan ketersedian sumber daya pendidikan.

Pendidikan Agama Islam diperlukan menghasilkan insan yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia menyerupai itu diperlukan tangguh dalam menghadapi tantangan, gangguan dan aral, dan perubahan yang muncul  dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun global.

Pendidik diperlukan sanggup berbagi metode pembelajaran sesuai dengan sesuai ketentuan kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian seluruh kompetensi dasar sikap terpuji sanggup dilakukan tidak beraturan. Peran tiruana unsur sekolah, orang renta siswa dan masyarakat sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.


B. Tujuan

Pendidikan Agama Islam di SMA/MA bertujuan untuk:

  1. menumbuhkembangkan kepercayaan melalui pemdiberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman akseptor didik tentang  Agama Islam sehingga menjadi insan muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
  2. mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama  dan berakhlak mulia  yaitu insan yang berpengetahuan, rajin diberibadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta berbagi budaya agama dalam komunitas sekolah.



C. Ruang Lingkup

Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai diberikut.

  1. Al-Qur’an dan Hadits
  2. Aqidah
  3. Akhlak
  4. Fiqih
  5. Tarikh dan Kebudayaan Islam

Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan insan dengan Allah SWT, hubungan insan dengan sesama manusia, hubungan insan dengan diri sendiri dan hubungan insan dengan alam sekitarnya.














D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas X, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al-Qur’an
1.     Memahami ayat-ayat Al-Qur’an ihwal insan dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.

1.1     Membaca QS Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78
1.2     Menyebutkan arti QS Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78.
1.3     Menampilkan sikap sebagai khalifah di bumi menyerupai terkandung dalam QS Al-Baqarah;30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78.


2.     Memahami ayat-ayat Al-Qur’an ihwal keikhlasan dalam diberibadah.

2.1       Membaca QS Al An’am; 162-163 dan Al-Bayyinah; 5.
2.2       Menyebutkan arti QS Al An’am;162-163 dan Al-Bayyinah; 5.
2.3       Menampilkan sikap nrimo dalam diberibadah menyerupai terkandung dalam QS Al An’am;162-163 dan Al-Bayyinah; 5.

Aqidah
3.         Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna



3.1       Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
3.2       Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam  Asmaul Husna.
3.3       Menampilkan sikap yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Akhlak
4.         Membiasakan sikap terpuji



4.1       Menyebutkan pengertian sikap husnuzhan.
4.2       Menyebutkan contoh-contoh sikap husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
4.3       Membiasakan sikap husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari.

Fiqih
5.         Memahami sumber hokum Islam, aturan taklifi, dan hikmah ibadah.





5.1       Menyebutkan pengertian kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber aturan Islam
5.2       Menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi aturan taklifi dalam aturan Islam
5.3       Menerapkan aturan taklifi dalam kehidupan sehari-hari.

Tarikh dan Kebudayaan Islam
6.         Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.




6.1       Menceritakan sejarah dakwah Rasullah SAW periode Makkah.
6.2       Mendeskripsikan substansi dan seni administrasi dakwah Rasullullah SAW periode Makkah















Kelas X, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an
7.         Memahami ayat-ayat Al-Qur’an ihwal Demokrasi


7.1       Membaca QS Ali Imran; 159 dan QS Asy Syura; 38.
7.2       Menyebutkan arti QS Ali Imran 159 dan QS Asy Syura; 38.
7.3       Menampilkan sikap hidup demokrasi menyerupai terkandung dalam QS Ali Imran 159, dan QS Asy Syura; 38 dalam kehidupan sehari-hari.

Aqidah
8.         Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.



8.1       Menjelaskan gejala diberiman kepada malaikat.
8.2       Menampilkan contoh-contoh sikap diberiman kepada malaikat.
8.3       Menampilkan perilaku sebagai cerminan diberiman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.

Akhlak
9.         Membiasakan sikap terpuji.




9.1       Menjelaskan pengertian budbahasa dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan atau mendapatkan tamu.
9.2       Menampilkan contoh-contoh budbahasa dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau mendapatkan tamu.
9.3       Mempraktikkan budbahasa dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau mendapatkan tamu dalam kehidupan sehari-hari.


10.     Menghindari Perilaku Tercela





10.1   Menjelaskan pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
10.2   Menyebutkan pola sikap hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
10.3   Menghindari hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari



Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Fiqih
11. Memahami aturan Islam ihwal zakat, haji dan wakaf.




11.1   Menjelaskan perundang-undangan ihwal pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
11.2   Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf.
11.3   Menerapkan ketentuan perundang-undangan ihwal pengelolaan zakat, haji dan wakaf.

Tarikh dan Kebudayaan Islam
12.     Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Madinah.




12.1   Menceritakan sejarah dakwah Rasullah SAW periode Madinah.
12.2   Mendeskripsikan seni administrasi dakwah Rasullullah SAW periode Madinah.





Kelas XI, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an


1.     Memahami ayat-ayat Al- Qur’an ihwal kompetisi dalam kebaikan
1.1
Membaca QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 32
1.2
Menjelaskan arti QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 32

1.3
Menampilkan sikap berkompetisi dalam kebaikan menyerupai terkandung dalam QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 32

2.     Memahami ayat-ayat al Qur’an ihwal perintah menyantuni kaum Dhu’afa
2.1
Membaca Qs. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177
2.2
Menjelaskan arti QS. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177
2.3
Menampilkan sikap menyantuni kaum Dhu’afa menyerupai terkandung dalam QS. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177

Aqidah


3.     Meningkatkan keimanan kepada Rasul rasul Allah
3.1
Menjelaskan gejala diberiman kepada Rasulrasul Allah
3.2
Menunjukkan contoh-contoh sikap diberiman kepada Rasul-rasul Allah
3.3
Menampilkan sikap yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari

Akhlaq


4.     Membiasakan berperilaku terpuji
4.1
Menjelaskan pengertian taubat dan raja
4.2
Menampilkan contoh-contoh sikap taubat dan raja
4.3
Membiasakan sikap bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Fiqih


5.     Memahami aturan Islam ihwal Mu’amalah
5.1
Menjelaskan azas-azas transaksi ekonomi dalam Islam
5.2
Memdiberikan pola transaksi ekonomi dalam Islam
5.3
Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari

Tarikh dan Kebudayaan Islam


6.     Memahami perkembangan Islam pada masa pertengahan (1250 – 1800)
6.1
Menjelaskan perkembangan Islam pada masa pertengahan
6.2
Menyebutkan pola kejadian perkembangan Islam pada masa pertengahan











Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an


7.     Memahami ayat-ayat al Qur’an ihwal perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
7.1
Membaca QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
7.2
Menjelaskan arti QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27



7.3
Membiasakan sikap menjaga kelestarian lingkungan hidup menyerupai terkandung dalam QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan Shad: 27

Aqidah


8.     Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah
8.1
Menampilkan sikap yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah
8.2
Menerapkan hikmah diberiman kepada Kitab-kitab Allah

Akhlak


9.     Membiasakan sikap terpuji
9.1
Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain
9.2
Menampilkan pola sikap menghargai karya orang lain
9.3
Membiasakan sikap menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari

10.   Menghindari sikap tercela
10.1
Menjelaskan pengertian dosa besar
10.2
Menyebutkan pola perbuatan dosa besar
10.3
Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Fiqih


11.   Memahami ketentuan aturan Islam ihwal pengurusan jenazah
11.1
Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah
11.2
Memperagakan tatacara pengurusan jenazah



12.   Memahami khutbah, tabligh dan dakwah
12.1
Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh dan dakwah
12.2
Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh dan dakwah
12.3
Memperagakan khutbah, tabliqh dan dakwah

Tarikh dan Kebudayaan Islam


13.   Memahami perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)

13.1
Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern
13.2
Menyebutkan pola kejadian perkembangan Islam pada masa modern


Kelas XII, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an


1.     Memahami ayat-ayat al Qur’an ihwal usulan bertoleransi
1.1
Membaca QS. al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29
1.2
Menjelaskan arti QS. al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29



1.3
Membiasakan sikap bertoleransi menyerupai terkandung dalam QS al Kafiiruun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29

2.     Memahami ayat-ayat al Qur’an ihwal etos kerja
2.1
Membaca QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
2.2
Menjelaskan arti QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
2.3
Membiasakan sikap beretos kerja menyerupai terkandung dalam Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10

Aqidah


3.     Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir
3.1
Menampilkan sikap yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
3.2
Menerapkan hikmah diberiman kepada Hari Akhir
3.3
Membiasakan sikap menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari

Akhlaq


4.     Membiasakan sikap terpuji
4.1
Menjelaskan pengertian adil, ridha dan amal shaleh
4.2
Menampilkan pola sikap adil, ridha dan amal shaleh
4.3
Membiasakan sikap adil, ridha dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Fiqih


5.     Memahami Hukum Islam ihwal Hukum Keluarga
5.1
Menjelaskan ketentuan aturan perkawinan dalam Islam
5.2
Menjelaskan hikmah perkawinan

5.3
Menjelaskan ketentuan perkawinan berdasarkan perundang-undangan di Indonesia

Tarikh dan Kebudayaan Islam


6.     Memahami perkembangan Islam di Indonesia
6.1
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
6.2
Menampilkan pola perkembangan Islam di Indonesia
6.3
Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia




Kelas XII, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an


7.     Memahami ayat-ayat al Qur’an ihwal pengembangan IPTEK
7.1
Membaca QS. Yunus : 101 dan QS. al Baqarah : 164
7.2
Menjelaskan arti QS Yunus : 101 dan QS. al Baqarah : 164



7.3
Melakukan pengembangan IPTEK menyerupai terkandung dalam QS Yunus : 101 dan QS. al Baqarah : 164
Aqidah


8.     Meningkatkan keimanan kepada Qadha’ dan Qadhar
8.1
Menjelaskan gejala keimanan kepada Qadha’ dan Qadar
8.2
Menerapkan hikmah diberiman kepada Qadha’ dan Qadhar

Akhlaq


9.     Membiasakan sikap terpuji
9.1
Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan
9.2
Menampilkan pola sikap persatuan dan kerukunan
9.3
Membiasakan sikap persatuan dan kerukunan

10.   Menghindari sikap tercela
10.1
Menjelaskan pengertian Isyrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah
10.2
Menjelaskan pola sikap Isyrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah
10.3
Menghindari sikap Isyrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah dalam kehidupan sehari-hari

Fiqih


11.   Memahami Hukum Islam ihwal Waris
11.1
Menjelaskan ketentuan aturan Waris
11.2
Menjelaskan pola terlaksanakan aturan Waris




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Tarikh dan Kebudayaan Islam


12.   Memahami perkembangan Islam di dunia
12.1
Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
12.2
Menampilkan pola perkembangan Islam di dunia
12.3
Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia


E. Arah Pengembangan

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar menjadi arah dan landasan untuk berbagi materi pokok, kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi untuk peskoran. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan peskoran perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Peskoran.


Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk madrasah dikembangkan ludang kecepeh lanjut oleh Departemen Agama.
Advertisement

Iklan Sidebar