'/> Tujuan Aturan Islam

Info Populer 2022

Tujuan Aturan Islam

Tujuan Aturan Islam
Tujuan Aturan Islam
Maqasih syariah (tujuan aturan islam) maksudnya yaitu penilaian-penilaian yang terkandung dalam aturan-aturan islam. Tujuan selesai dari aturan islam intinya yaitu kemaslahatan insan di dunia dan di akherat. Adapun tujuan aturan Islam secara umum yaitu untuk mencegah kerusakan pada manusia, mengarahkan mereka pada kebenaran untuk mencapai kebahagiaan hidup insan di dunia dan di akherat, dengan jalan mengambil segala yang memberi manfaat dan mencegah atau menolak yang tidak mempunyai kegunaan bagi hidup dan kehidupan manusia.Berikut ini yaitu beberapa dari tujuan aturan islam :
¥ Pemeliharaan atas keturunan
Hukum islam telah menetapkan aturan beserta aturan untuk mencegah kerusakan atas nasab dan keturunan manusia.contohnya, islam melarang zina dan menghukum pelakunya.
(QS. Al-Israa’ : 32)
“dan janganlah kau mendekati zina, sebetulnya zina itu yaitu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.”

¥ Pemeliharaan atas akal
Islam menetapkan aturan yang melarang umatnya mengkonsumsi segala sesuat yang sanggup merusak akal. Di sisi lain, islam mengajarkan umatnya biar menuntut ilmu mentaddaburi alam, dan berpikir untuk menyebarkan kemampuan akal. Allah memuji orang-orang yang mempunyai ilmu pengetahuan.
(QS. Az-Zumar : 9)

 “Katakanlah, ‘apakah sama antara orang-orang yang mengetahui dan orang-orang yang tidak mengetahui.”

¥  Pemeliharaan untuk agama
Islam tidak pernah memaksa seseorang untuk masuk dan menganut agama islam. Allah telah berfirman
(QS. Al-Baqarah : 256)
}لاَ إِكْرَاهَ فِي الدِّينِ قَدْ تَبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ فَمَنْ يَكْفُرْ بِالطَّاغُوتِ وَيُؤْمِنْ بِاللهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَى لاَ انْفِصَامَ لَهَا وَاللهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ 

Tidak ada paksaan untuk agama. Tidak ada paksaan untuk agama. Sesungguhnya telah terperinci jalan yang benar daripada jalan yang sesat...”
Advertisement

Iklan Sidebar