1.1 Definisi Komputer
Komputer merupakan suatu perangkat elektronik yang sanggup mendapatkan dan mengolah data menjadi informasi, menjalankan aktivitas yang tersimpan dalam memori, serta sanggup bekerja secara otomatis dengan hukum tertentu.
1.2 Sistem Komputer
Sebuah sistem komputer tersusun atas tiga elemen, yaitu
1. Hardware (Perangkat Keras), merupakan rangkaian elektronika
2. Software (Perangkat Lunak), merupakan aktivitas yang dijalankan pada komputer
3. Brainware (SDM)
Perangkat Keras
Perangkat keras komputer secara garis besar terdiri atas tiga komponen utama, yaitu
1. Processor, merupakan bab dari perangkat keras komputer yang melaksanakan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bab utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit.
Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya. Contoh : kalau prosesor mempunyai frekuensi clock 350 MHz, berarti kecepatan pemprosesan satu instruksinya = T = 1/f = 1/(350 x 106 Hz), = 0,286 x 10-8 detik.
2. Memory, menurut fungsinya dibagi menjadi dua yaitu
a. Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan arahan dari aktivitas yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM. Karakteristik dari memori primer adalah
- Volatil (informasi ada selama komputer bekerja. Knorma dan adab komputer dipadamkan, warta yang disimpannya juga hilang)
- kecepatan tinggi
- jalan masuk random (acak)
b. Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau aktivitas biner secara permanen. Karakteristik dari memori sekunder adalah
- non volatil atau persisten
- kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer)
- jalan masuk random atau sekuensial
Contoh memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetic tape, optical disk, dll. Dari seluruh pola tersebut, yang mempunyai prosedur jalan masuk sekuensial yaitu magnetic tape
3. Input-Output Device, merupakan bab yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
a. Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk mendapatkan masukan dari luar. Beberapa pola piranti masukan :
- keyboard
- mouse
- touch screen
- scanner
- camera
- modem
- network card
- dll
b. Output Device (Piranti Keluaran), berfungsi sebagai media komputer untuk memdiberikan keluaran. Beberapa pola piranti masukan :
- Monitor
- Printer
- Speaker
- Plotter
- Modem
- network card
- dll
Perangkat Lunak
Perangkat lunak sanggup diklasifikasikan sebagai diberikut
1. Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Contoh sistem operasi : MS DOS, MS Windows (dengan banyak sekali generasi), Macintosh, OS/2, UNIX (dengan banyak sekali versi), LINUX (dengan banyak sekali distribusi), NetWare, dll
2. Program Utilitas, merupakan aktivitas khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, ibarat anti virus, partisi hardisk, administrasi hardisk, dll. Contoh produk aktivitas utilitas : Norton Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll
3. Program Aplikasi, merupakan aktivitas yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll
4. Program Paket, merupakan aktivitas yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, ibarat :
- pengolah kata /editor naskah : Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro, dll
- pengolah angka / lembar kerja : Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll
- presentasi : MS PowerPoint, dll
- desain grafis : CorelDraw, PhotoShop, dll
5. Bahasa Pemprograman, merupakan perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain. Bahasa pemprograman sanggup diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi. Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi mengatakan kedekatan dengan ‘bahasa manusia’. Bahasa tingkat rendah (atau biasa disebut bahasa assembly) merupakan bahasa dengan pemetaan satu persatu terhadap arahan komputer. Contoh bahasa tingkat tinggi : Pascal, BASIC, Prolog, Java dll. Contoh bahasa tingkat menengah: bahasa C.
Seperti perangkat lunak lain, bahasa pemprograman juga mempunyai pertumbuhan generasi.
SDM
Terdapat banyak sekali kiprah yang sanggup dilakukan insan dalam bab sistem komputer. Beberapa kiprah di antaranya adalah
1. Analis Sistem, berperan melaksanakan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang solusi pemecahannya dalam bentuk aktivitas komputer.
2. Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibentuk analis kedalam bahasa pemprograman sehingga solusi sanggup dijalankan oleh komputer
3. Operator, bertugas menjalankan komputer menurut arahan yang didiberikan
4. Teknisi, bertugas merakit atau memelihara perangkat keran komputer
5. dll
1.3 Klasifikasi Komputer
Berdasarkan Sinyal Masukan
Berdasarkan sinyal masukan, komputer sanggup diklasifikasikan menjadi
1. Komputer Analog, mendapatkan sinyal masukan berupa data analog. Contoh : komputer penghitung pedoman BBM dalam SPBU
2. Komputer Digital, mernerima masukan digital, merupakan komputer kebanyakan yang kita kenal.
3. Komputer hibrid, mendapatkan masukan analog dan digital
Berdasarkan Ukuran
Berdasarkan ukuran fisik dan kapabilitasnya, komputer sanggup diklasifikasikan menjadi
1. Komputer mikro, berukuran kecil, biasanya dipergunakan oleh satu orang. Contoh : PC, Notebook, Palmtop, PDA, dll
2. Komputer Mini, berukuran ludang kecepeh besar, biasa dipakai untuk kebutuhan pekerjaan yang ludang kecepeh besar juga. Contoh : komputer Alfa, dll
3. Supercomputer, merupakan komputer berkinerja amat tinggi, biasanya untuk memenuhi kebutuhan pemprosesan yang amat besar. Contoh : Cray, DeepBlue, EarthSimulator, dll
4. Mainframe
Berdasarkan Generasi
Berdasarkan generasi teknologi penyusunnya, komputer sanggup diklasifikasikan menjadi
1. Generasi I, tahun 1946-1959, memakai tabung hampa
2. Generasi II, tahun 1959-1965, memakai transistor
3. Generasi III, tahun 1965-1970, memakai IC (Integrated Circuit)
4. Generasi IV, tahun 1970-sekarang, memakai VLSI (Very Large Scale IC)
Berdasarkan Tujuan Pembuatan
Berdasarkan tujuan pembuatan, komputer sanggup diklasifikasikan menjadi
1. General Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan untuk kebutuhan umum. Contoh : PC, Notebook, dll
2. Special Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan untuk kebutuhan khusus. Contoh : komputer khusus untuk bermain catur
Advertisement