'/> Sifat Dan Ciri-Cir Aturan Islam

Info Populer 2022

Sifat Dan Ciri-Cir Aturan Islam

Sifat Dan Ciri-Cir Aturan Islam
Sifat Dan Ciri-Cir Aturan Islam
A.    Sifat Hukum Islam
Menurut Tahir Azhary, ada tiga sifat aturan islam yakni bidimensional, adil, dan individualistik.
·    Bidimensional artinya mengandung segi kemanusiaan dan segi ketuhanan (Ilahi). Di samping itu sifat bidimensional juga berafiliasi dengan ruang lingkupnya yang luas atau komprehensif. Hukum Islam tidak hanya mengatur satu aspek saja, tetapi mengatur banyak sekali aspek kehidupan manusia.  Sifat dimensional merupakan sifat pertama yang menempel pada aturan islam dan merupakan sifat orisinil aturan Islam.
·         Adil, dalam aturan Islam keadilan bukan saja merupakan tujuan tetapi merupakan sifat yang menempel semenjak kaidah – kaidah dalam sya’riat ditetapkan. Keadilan merupakan sesuatu yang didambakan oleh setiap insan baik sebagai individu maupun masyarakat.
·          Individualistik dan Kemasyarakatan yang diiikat oleh penilaian-penilaian transedental ialah Wahyu Allah yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan sifat ini, aturan islam mempunyai validitas baik bagi perseorangan maupun masyarakat. Dalam sistem aturan lainnya sifat ini juga ada, hanya asaja penilaian-penilaian transedental sudah tidak ada lagi. (Mohammad Tahir Azhary, 1993:48-49)

B.     Ciri-ciri Hukum Islam
¥ Merupakan bab dan bersumber dan Agama islam
¥ Mempunyai kekerabatan yang dekat dan tidak sanggup di pisahkan dan aqidah dan akhlak.
¥ Mempunyai dua istilah kunci. 
¥ Tediri atas dua bidang utama.

¥ Strukturnya berlapis.
Advertisement

Iklan Sidebar